Feeds:
Posts
Comments

Archive for October 28th, 2008

IFRS merupakan standar dan intepretasi yang disusun oleh International Accounting Atandards Board (IASB).

Sebagian besar standar yang menjadi bagian dari IFRS sebelumnya merupakan International Accounting Standards (IAS). IAS diterbitkan antara tahun 1973 sampai dengan 2001 oleh International Accounting Standards Committee (IASC). Pada bulan April 2001, IASB mengadospsi seluruh IAS dan melanjutkan pengembangan standar yang dilakukan.

Struktur IFRS

International Financial Reporting Standards mencakup:

  • International Financial Reporting Standards (IFRS) – standar yang diterbitkan setelah tahun 2001
  • International Accounting Standards (IAS) – standar yang diterbitkan sebelum tahun 2001
  • Interpretations yang diterbitkan oleh International Financial Reporting Interpretations Committee (IFRIC) – setelah tahun 2001
  • Interpretations yang diterbitkan oleh Standing Interpretations Committee (SIC) – sebelum tahun 2001 (more…)

Read Full Post »

Langkah maju telah dibuat oleh FASB dan IASB untuk mengkonvergensi isi dari IFRS dengan US GAAP. Hal ini ditujukan agar ketika SEC (otoritas bursa US, Bapepam di Indonesia) sudah mengeluarkan regulasi yang mewajibkan perusahaan go public di US untuk menggunakan IFRS, semua perusahaan publik tersebut tidak mengalami kesulitan untuk mengaplikasikan IFRS (key differences will have been resolved). 

Proses konvergensi ini masih terus berjalan (ongoing), dan perbedaan antara IFRS dengan US GAAP semakin berkurang. Beberapa perbedaan yang masih ada, misalkan: (more…)

Read Full Post »